Animasi Maze Game dengan Scratch Junior sebagai Pembelajaran Pemrograman untuk Siswa-Siswi SD Sekolah Hamidah Sampurna, Kabupaten Bandung

Penulis

  • Rita Purnamasari Universitas Telkom Bandung
  • Gelar Budiman Universitas Telkom Bandung
  • Khaerudin Saleh Universitas Telkom
  • Rafli Caesario Dimarta Universitas Telkom Bandung
  • Prastama Agung Yusuf Parameswara Universitas Telkom Bandung

Kata Kunci:

pembelajaran, Scratch, teknologi, kurikulum, maze game

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengajarkan dasar-dasar pemrograman kepada siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) Hamidah Sampurna, Kabupaten Bandung, melalui pembuatan animasi maze game menggunakan aplikasi Scratch Junior. Scratch Junior adalah platform pemrograman visual yang dirancang khusus untuk anak-anak, yang memungkinkan mereka mempelajari konsep-konsep pemrograman dasar secara interaktif dan menyenangkan. Dalam kegiatan ini, siswa-siswi diajak untuk membuat dan memodifikasi animasi maze game, sebuah permainan yang dirancang untuk melatih keterampilan logika dan pemecahan masalah. Metode pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan berbasis proyek, di mana peserta didorong untuk secara aktif terlibat dalam proses kreatif dan pengembangan game. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman siswa tentang konsep dasar pemrograman, penguatan keterampilan berpikir komputasional, serta peningkatan minat mereka terhadap teknologi. Program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam mempersiapkan generasi muda yang lebih siap menghadapi tantangan di era digital, serta mendorong mereka untuk terus mengeksplorasi dan mendalami dunia pemrograman.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-30

Cara Mengutip

Purnamasari, R., Budiman, G., Saleh, K., Dimarta, R. C. ., & Parameswara, P. A. Y. . (2024). Animasi Maze Game dengan Scratch Junior sebagai Pembelajaran Pemrograman untuk Siswa-Siswi SD Sekolah Hamidah Sampurna, Kabupaten Bandung. Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 311–317. Diambil dari https://almufi.com/index.php/AJPKM/article/view/400

Terbitan

Bagian

Artikel