Pengaruh Game Online terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Alam Karya Babelan
Kata Kunci:
Pengaruh Game Online, Prestasi Belajar Siswa, SMKAbstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh game online terhadap prestasi belajar siswa di SMK Alam Karya Babelan dan juga guna menyajikan gambaran terkait besaran pengaruh negatif dari game online terhadap prestasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriktif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah Siswa kelas X sebanyak 99 orang, sampel sebanyak 99 orang dengan menggunakan Total Sampling. Teknik dan Instrumen Pengumpulan data menggunakan Angket dengan skala linkert, dokumentasi berbentuk nilai arsip nilai rapor ataupun nilai rata-rata. Dilanjutkan dengan Observasi dan Wawancara. Teknik analisis data mempergunakan analisis deskriptif . Selanjutnya untuk mengetahui besaran pengaruh game online dilakukan analisis regresi tentang dua data yang di dapat. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya rata-rata kecanduan bermain game online peserta didik berpengaruh pada prestasi belajar dimana jumlah skor prestasi belajar rata- ratanya ialah 82.48, serta besaran pengaruh negatif game online setelah diuji dengan menggunakan uji regresi linear didapatkan pengaruh terhadap prestasi akademik peserta didik di toli-toli sebesar 37% dipengaruhi oleh kecanduan game online serta sisanya yakni 63% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Game yang sangat diminati para siswa adalah mobile legends dengan presentasi 84%.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Almufi Jurnal Sosial dan Humaniora
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.