Strategi Belajar-Mengajar IPA Kelas IV Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD Negeri 4 Bandingan Kabupaten Banjarnegara

Penulis

  • Esti Islamiati Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Wakhudin Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Kata Kunci:

Strategi, Belajar dari Rumah, Pembelajaran IPA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru, orang tua, dan siswa dalam melaksanakan proses belajar-mengajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV pada masa pandemi Covid-19 di SD Negeri 4 Bandingan, Kabupaten Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam proses belajar-mengajar IPA kelas IV pada masa pandemi Covid-19 yaitu menggunakan strategi pembelajaran mandiri pembelajaran dilakukan pada masa pandemic covid-19 dengan melaksanakan program belajar dari rumah melalui program mingguan, siswa mendapat tugas untuk dikerjakan dirumah selama satu minggu, dalam program mingguan tersebut guru menggunakan pendekatan pembelajaran berorientasi pada siswa, menggunakan model pembelajaran inquiry, metode ceramah dan pemberian tugas, dengan media jenis multimedia dan menggunakan teknik serta taktik yaitu menggunakan video praktik. Kendala yang dihadapi yaitu di antaranya guru tidak dapat memantau atau mengontrol siswa secara langsung, siswa yang tidak mempunyai gadget dan susah sinyal.

Referensi

Abdulah. (2017). Pendekatan dan Model Pembelajaran yang mengaktifkan siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 1 No 1.

Agus Puranto dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemic Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns Journal. Vol 11 No 2.

Awang, Imanuel Sairo. (2017). Strategi Pembelajaran. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa.

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan, Z. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hanafiah, Nanang dan Suhana, Cucu. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Johar, Rohmah dkk. (2016). Strategi Belajar Mengajar.Yogyakarta: Deepublish.

Kurniasari, Asrilia dkk. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian. Vol 6 No 3.

Martono. (2011). Strategi Pembelajaran. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. Vol 4 No 1.

Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

O Zaikun dkk. (2016). Teachers’ and Students’ Motivation Model as a Strategy for Open Distance Learning Processes. Jurnal Technical Science. Vol 64 No 4.

Pane., A & Dasopang M.D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Keislaman. Vol 03 No 2.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 22 Tahun 2006.

Priyono Trio Febrianto, Siti Mas’udah, dan Lutfi Apreliana Megasari. (2020). Implementation of Online Learning during the Covid-19 Pandemic on Madura Island, Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Researc. Vol 19 No 8.

Rianto, Milan. (2006). Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran. Malang: PPG IPS dan PMP.

Safitri, Riana. (2018). Strategi dan Orientasi Pembelajaran Gambar Teknik Berorientasi Keprofesian Desain Interior. Jurnal ATRAT. Vol 6 No 1.

Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Perdana Media Group.

Siti Yesa Samari, Astri Sutrisnawati dan Arsyi Rizqia Amalia (2020). Hasil Belajar IPA Dalam Pembelajaran Daring di SDN Tanjungsari. Jurnal ilmiah Ilmu Kependidikan. Vol 4 No 3.

Wena, Made, (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Jakarta: Bumi Aksara.

Yulianingsih, Lia tresna dkk. (2017). Kinerja mengajar guru sebagai faktor determinan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol 2 No 2.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-13